10 Manfaat Website untuk Bisnis UMKM, Tak Sekadar Promosi Usaha Lho!


Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam proses transformasi digital bisnis, termasuk bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya adalah menggunakan website. Dengan penggunaan yang tepat, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat situs web untuk bisnis UMKM.


10 Manfaat Website untuk Bisnis UMKM

Banyak orang manfaat jika menggunakan situs web hanya memiliki fungsi sebagai sarana promosi. Padahal, keberadaan Anda bisa manfaatkan untuk berbagai keperluan, di antaranya adalah: 

1. Bisnis yang Terlihat Lebih Profesional

Manfaat pertama adalah memberi kesan positif bagi para konsumen. Kepemilikan website, membuat bisnis UMKM yang Anda jalankan terlihat lebih profesional. situs web membuat konsumen menganggap jika bisnis Anda dijalankan secara serius dan akan memberikan pelayanan yang kepada setiap pelanggan.

2. Menjangkau Konsumen dari Mana Saja

Manfaat website untuk bisnis UMKM berikutnya adalah kesempatan untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak. situs web membuat bisnis Anda tidak hanya mampu melayani konsumen yang dekat dengan lokasi usaha. Kalau mau, Anda bisa pula memberi pelayanan bagi pelanggan yang terpisah jarak dari kilometer. 

3. Lebih Dekat dengan Konsumen

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis, Anda perlu hadir dan mendekati para konsumen. Upaya tersebut dapat Anda lakukan dengan membangun situs web. Hal ini tidak lepas dari angka penggunaan internet di kalangan masyarakat awam.

Data We Are Social jika pengguna internet di Indonesia pada 2022 mencapai angka 204,7 juta  pengguna . Seiring dengan penggunaan internet, aktivitas belanja  online  mengalami peningkatan drastis.

4. Membuka Jalur Pemasaran Produk yang Baru

Situs web memang dapat membuka peluang bagi Anda untuk menjual produk secara langsung dan digunakan sebagai toko  online . Namun, kesempatan untuk memasarkan barang tidak hanya itu. Anda bisa memperoleh jalur pemasaran produk yang baru dari website.

Salah satunya adalah melalui email marketing. Anda bisa memanfaatkan website untuk mengumpulkan email dari para pelanggan. Daftar email tersebut selanjutnya dapat Anda gunakan untuk mengajak konsumen kembali berbelanja dan menjadi pelanggan setia.

5. Menelan Data Konsumen

digital menggunakan website bisa membantu bisnis UMKM dalam memperoleh data yang akurat tentang pelanggan. Data tersebut, selanjutnya dapat Anda manfaatkan untuk mendorong pelanggan untuk berbelanja lebih banyak dan meningkatkan konversi. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam memperoleh manfaat situs web untuk bisnis UMKM terkait pengumpulan data pelanggan. Anda dapat melakukan survei melalui website. Selain itu, ada pula pertimbangan menggunakan alat untuk memahami aktivitas para pengunjung situs web.

6. Sumber Informasi

website yang tersedia dapat membantu Anda dalam menyediakan sumber informasi bagi para konsumen. Melalui website, Anda dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan bisnis. Jangan lupa, masukkan informasi yang berdasarkan pengalaman. 

Situs web sebagai sumber informasi dapat membantu bisnis UMKM dalam meningkatkan reputasi. Manfaat website untuk bisnis UMKM ini bisa Anda peroleh ketika informasi yang disampaikan mampu menyelesaikan banyak masalah. Mereka memang tidak serta merta menjadi pelanggan, tetapi dapat membantu Anda dalam mempromosikan  merek .

7. Dapat Melayani Konsumen Kapan Saja

Selanjutnya, website tidak hanya membantu Anda dalam menjangkau konsumen dari mana saja. Di waktu yang sama, website membuat bisnis UMKM dapat melayani pelanggan tanpa batas waktu. Anda tetap bisa membuka layanan selama 24 jam selama satu minggu. 

Fakta menarik yang perlu Anda ketahui, kebiasaan belanja masyarakat di era digital tidak dibatasi oleh waktu. Survei Jakpat mengungkapkan, 50% konsumen Indonesia lebih sering belanja  online  pada rentang antara pukul 18:00 sampai 00:00. 

8. Peluang Menargetkan Konsumen Lokal

Anda bisa memperoleh manfaat website untuk bisnis UMKM dalam meningkatkan kunjungan konsumen lokal. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mengoptimalkan situs web SEO lokal. 

Catatan penting, Jurnal Mesin Pencari mengungkapkan, 50% penelusuran lokal secara seluler dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh alamat bisnis terdekat. Menariknya lagi, 78% pencarian lokal melalui perangkat seluler, diakhiri dengan pembelian secara offline. 

Dari data tersebut, upaya mengoptimalkan SEO lokal adalah langkah-langkah penting dalam mencapai kesuksesan bisnis UMKM. Untuk pemanfaatan SEO lokal yang optimal, Anda dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan para ahlinya di Lopokopi. 

9. Membangun Komunitas

Tak kalah penting, Anda bisa membangun komunitas pelanggan dengan mudah melalui website. Komunitas adalah wadah yang efektif untuk membantu para pengunjung berkomunikasi satu sama lain. Jika dimanfaatkan secara positif, komunitas bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis UMKM. 

10. Menghemat Biaya Promosi dan Iklan

Terakhir, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk promosi dan iklan. Alih-alih memanfaatkan media periklanan melalui majalah, koran, TV, atau radio, Anda dapat mengoptimalkan keberadaan situs web. 

Nah, itulah 10 manfaat website untuk bisnis UMKM yang penting untuk Anda ketahui. Sampai sini, apakah Anda masih menganggap situs web itu kebutuhan untuk bisnis UMKM? Yuk, mulai bangun website biar bisnis makin berkembang!

sumber: berbagai sumber
 


Hari Ini Belajar Website


Cuma 10 ribuan


Gratis Modul Bloggerpreuner

Belajar Sekarang