Mengenal Website Lebih Dekat



Mungkin di jaman sekarang bermain internet sudah dilakukan oleh setiap individu, bahkan hanya mengakses informasi atau halaman web yang berada di ponsel.


sebagian orang sudah tahu tentang situs web itu apa, dan sebagian lagi hanya ikut membuka saja, tanpa harus tahu pengertian website.

Ada baiknya sahabat ebizom mulai belajar mengenal apa itu Website, Fungsi dan Manfaatnya. 




Website Itu Apa?


Website adalah Kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat tentang berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari. Informasi yang dapat dimuat dalam sebuah situs web umumnya berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai macam kepentingan.


Biasanya untuk tampilan awal sebuah situs web dapat diakses melalui halaman utama (homepage) menggunakan browser dengan menuliskan URL yang tepat. Di dalam sebuah homepage, juga memuat beberapa halaman web turunan yang saling terhubung satu dengan yang lain. (sumber: https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-website/)


Fungsi Website

Terdapat beberapa fungsi website yang memiliki keunggulan dan kualitas yang berbeda sesuai dengan target pemasaran maupun bisnis. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dikategorikan sesuai dengan tujuan bisnis.

1. Sarana informasi

Pertama, fungsi website adalah sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terbaru dan menarik untuk dibaca oleh pelanggan atau pelanggan Anda. Pada dasarnya, website juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi, pembelajaran, tutorial, tips & trik, dan masih banyak lagi.

Contoh website sebagai sarana informasi adalah situs pencarian berita, website company profile, dan lainnya. Untuk jenis kontennya, dapat berupa video, teks, dan gambar. 

2. Sebagai blog

Apakah Anda pernah membaca atau membuka sebuah situs yang menampilkan halaman berisi artikel atau bahan bacaan? Jika pernah, maka itulah yang disebut dengan blog. Orang yang sering membuat blog disebut dengan blogger.

Jadi fungsi situs web yang kedua ini untuk membuat blog, sehingga tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung. Serta, mengoptimalkan blog yang telah terpublikasi. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan brand perusahaan agar pelanggan lebih banyak lagi.

3. Sarana transaksi jual beli toko online/ecommerce

Dan fungsi terakhir sebagai media untuk disebut proses transaksi jual beli online atau sering dengan e-commerce. Dengan menggunakan website ecommerce, mampu untuk lebih banyak konsumen untuk membeli produk atau jasa melalui website yang telah disediakan.

Jadi pada dasarnya, e-commerce disini hanya sebatas perantara saja. Contoh dari website yang menerapkan fungsi ini adalah Tokopedia, Bukalapak, Amazon, Shopee, dan website yang lainnya. (sumber:  https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-website/ )

Manfaat website

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki situs web sendiri.

1. Untuk membangun personal branding

Dengan mengelola dan mengoptimalkan halaman situs Anda, maka Anda juga secara tidak langsung membangun personal branding. Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu mengupdate konten setiap hari secara rutin untuk dapat meningkatkan trafik dan ranking website anda.

Dengan membangun branding yang baik, akan berdampak baik pula pada produk bisnis yang dikembangkan. Jadi, apabila personal branding dan mulai terbentuk, maka konsumen dapat lebih mudah untuk mengenali dan menggunakan produk Anda.

2. Untuk memperkenalkan produk atau jasa

Manfaat website yang kedua adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa. Dengan adanya web, maka dapat mengurangi biaya untuk pemasangan iklan dan anda dapat lebih fokus untuk memperbaiki dan mengoptimalkan situs anda. Dengan bantuan SEO, akan lebih mudah untuk menaikkan peringkat situs Anda dalam mesin pencari.

3. Sebagai wadah untuk membagikan sumber informasi

Manfaat yang ketiga sebagai media untuk informasi terkait berita, artikel, bacaan, dan lain-lain . Cukup dengan membaca artikel atau berita melalui situs, anda dapat mendapatkan berbagai informasi terbaru dari seluruh penjuru dunia. Sehingga, saat ini kedudukan dari website sudah dapat menggunakan media TV maupun radio. 

4. Mendapatkan trafik dan menghasilkan uang

Manfaat yang terakhir adalah dengan adanya website mampu untuk pengunjung lalu lintas lebih banyak. Hal tersebut dapat berlaku jika Anda telah menerapkan optimasi yang benar. Mulai dari hal yang bersifat teknis, hingga melakukan optimasi On Page dan Off Page dengan SEO. Sehingga dapat meningkatkan keuntungan dalam jangka waktu yang lebih lama. 

(sumber:   https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-website/  )


Sekilas tentang apa itu website dan fungsinya serta manfaatnya, sahabat ebizom sekarang sudah tahu. Mari Berdiskusi di kolom Komentar. 

 


Hari Ini Belajar Website


Cuma 10 ribuan


Gratis Modul Bloggerpreuner

Belajar Sekarang